Apakah Anda Siap Untuk Tantangan CRM?

Jika Anda telah memutuskan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak CRM untuk meningkatkan manajemen hubungan pelanggan Anda, Anda telah membuat keputusan bisnis yang bijaksana. Pertanyaannya adalah apakah Anda siap untuk tantangan CRM?


Strategi pertumbuhan Anda untuk masa depan merupakan bagian integral dari memilih perangkat lunak yang tepat. Anda akan ingin memilih perangkat lunak dari vendor yang akan melakukan ekspansi di masa depan tepat waktu dan dengan harga yang wajar. Anda ingin vendor yang akan berada di sana dan mendukung klien mereka dari waktu ke waktu.


Dari saat Anda memutuskan untuk menerapkan solusi CRM hingga waktu penerapannya biasanya antara tiga dan enam bulan. Namun ada saat-saat ketika Anda bisa bangun dan berlari lebih cepat. Banyak tergantung pada seberapa siap perusahaan Anda sebenarnya untuk membuat lompatan ke dunia CRM.


Beberapa perusahaan telah menghabiskan banyak waktu untuk layanan pelanggan dan catatan pelanggan sehingga informasi ini dapat ditransfer ke dalam sistem CRM baik secara manual atau mudah-mudahan secara elektronik. Sementara perusahaan lain tidak tahu tentang manajemen hubungan pelanggan dan harus membangun strategi dari awal dan membawa karyawan mereka ke dalamnya. Ukuran bisnis juga akan berperan dalam berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan strategi CRM Anda.


Anda perlu memastikan bahwa perangkat lunak yang Anda pilih dapat disesuaikan dengan bisnis Anda. Ingat perangkat lunak harus sesuai dengan bisnis Anda, bukan perangkat lunaknya. Sebenarnya ini adalah salah satu elemen terpenting yang dapat membuat atau menghancurkan kesepakatan dalam hal pilihan perangkat lunak Anda. Sebagian besar vendor besar yang lebih bereputasi umumnya menawarkan perangkat lunak yang sangat fleksibel dan mudah disesuaikan dengan lingkungan bisnis Anda. Bahkan Microsoft Dynamics CRM adalah contoh yang sangat baik.


Cari paket perangkat lunak CRM yang akan bekerja dengan perangkat lunak yang sudah Anda miliki. Misalnya memilih paket perangkat lunak yang akan bekerja dengan Outlook atau informasi back office Anda dapat menciptakan pengalaman layanan pelanggan yang jauh lebih baik bagi pelanggan.


Memilih vendor yang memiliki reputasi dapat diandalkan sangatlah penting. Beberapa tahun terakhir telah melihat lebih banyak vendor memasuki pasar tetapi Anda ingin memastikan bahwa Anda memilih vendor yang akan ada untuk sementara waktu. Perusahaan datang dan pergi tetapi beberapa perusahaan berada di dalamnya untuk jangka panjang seperti Microsoft.


Selain memiliki perangkat lunak yang berfungsi dengan perusahaan Anda, Anda juga perlu memastikan perangkat lunak itu berfungsi dengan karyawan Anda. Jika solusi CRM benar-benar rumit atau di atas tingkat keterampilan karyawan, karyawan Anda akan menjadi frustrasi sehingga Anda harus memilih paket yang lebih sederhana atau melakukan pelatihan yang tepat dengan staf Anda.


Jika Anda mengalami kesulitan memilih paket, fitur tambahan dapat membantu Anda membuat keputusan akhir itu. Lagi pula, bukankah kemampuan grafik itu agak berguna? Paket yang berbeda menawarkan tingkat fungsionalitas dan fitur yang berbeda, jadi pilih yang cocok.


Sekarang setelah Anda siap untuk tantangan CRM, paket perangkat lunak apa itu?

LihatTutupKomentar